JENJANG KARIR CHEF ~ 4U to SAY

JENJANG KARIR CHEF



4U to SAY

Pada saat puasa kayak gini, ada gak sich yang bikin ngiler selain nonton acara masak-masak gitu? Selain makanannya enak banget plus chef-nya pun menggoda banget. Ngomong-ngomong soal chef, profesi ini sekarang lagi meroket banget loch say. Namun di balik sebuah dapur, emank banyak banget chef yang ada didalamnya. Tapi say tau gak apa yang dilakukan chef sebanyak itu didapur? Apa mereka semua memasak? Ternyata gak loch say, karena chef didalam dapur memiliki posisi dan jenjang yan telah terstruktur rapi. Bahkan masing-masing memiliki tugas sendiri kok.

COMMIS
Commis adalah sebutan untuk pemula dalam suatu organisasi dapur. Kerja seorang commis adalah membantu seorang chef dalam mengoperasikan stasiun dapur. mereka hampir sama dengan kitchen assistant, namun posisinya lebih tinggi. Seorang commis biasanya adalah chef yang baru saja mengikuti pelatihan kuliner formal maupun masih menjalani pelatihan.

DEMI CHEF
Demi Chef adalah supervisor dapur yang bertugas mengawasi kerja anak buahnya. Demi chef jarang terjun langsung untuk memasak. Demi chef memberikan laporan tentang kinerja anak buahnya kepada atasan, yaitu executive chef. Posisi itu sering disebut sebagai wakil chef de partie.

CHEF DE PARTIE
Mereka bertanggung jawab pada salah satu area tertentu di dapur. Satu chef de partie memiliki bawahan beberapa juru masak. Chef de partie bisa juga hanya menjadi karyawan atau juru masak yang mempunyai suatu jenis makanan tertentu dan sekaligus bertanggung jawab atas masakan yang dia buat.

SOUS CHEF
Jenjang atau posisi ini merupakan posisi tertinggi kedua setelah executive chef atau sering disebut dengan asisten executive chef. Sous chef bertugas memberikan atau membuat jadwal pada staf dapur saat executive chef sedang off duty. Selain itu, gak jarang mereka bertanggung jawab terhadap resep-resep dapur. Namun sous chef jarang ditemui di dapur berskala kecil.

EXECUTIVE CHEF
Semua yang ada di dapur menjadi tanggung jawab chef satu ini. Posisi ini lebih sering dipanggil chef aja. Mereka bertanggung jawab atas semua hal yang berkaitan dengan perdapuran, termasuk mengkreasikan jenis-jenis menu yang akan ditawarkan kepada pelanggan serta management staff. Untuk mendapatkan posisi ini, diperlukan keahlian dan pengalaman di dunia perdapuran yang mumpuni.


0 komentar:

Post a Comment

Silahkanber Caz Ciz Cuz dengan sopan,, Jangan lupa untuk dijaga ya dalam berkomentarnya Sobat Van?!?
Tenkz,,