HARI VALENTINE ~ 4U to SAY

HARI VALENTINE



Pie 86 peE

Apa sich Hari Valentine?!? Nachh,, jika sobat Pie peE ingin tau, maka kali ini akan kilas balik sejarah tentang Valentine yang sebenernya. Namun sebelumnya Pie peE INGATKAN!! VALENTINE berasal dari Betawi di Indonesia bukan dari Romawi.

Jaman VOC masih berkuasa di Batavia. Konon ada seorang gadis yang bernama Si Entin Bin Sueb. Dia jadi rebutan antara cowok Betawi, cowok Sunda dan seorang Meneer Belanda.

Pada tanggal 13 Februari 1644 Hari Sabri, ketiganya ebetulan bertemu di rumah si Entin. Mereka berebut dan akhirnya berkelahi. Ditengah-tengah perkelahian, si Entin tidak mau ada keributan dan mencoba melerai. Akan tetapi salah satu senjata mereka tepat mengenai kepala si Entin. Sontak warga kampung yang liat kejadian itu lalu berteriak-teriak, "Pale Entin berdarah,, tuch pale Entin,, pale Entin".

Si Entin lalu di bawa ke Rumah Sakit. Tapi ke esokan harinya tanggal 14 Februari Entin meninggal dunia. Untuk mengenang kejadian itu si Meneer Belanda selalu mengadakan acara untuk mengenang Entin yang dicintainya. Di Belanda yang dia inget cuma kata-kawa warga Betawi, "PALE ENTIN,, PALE ENTIN". Maka jadilah HARI PALE ENTIN atau VALENTINE. He..86x.


0 komentar:

Post a Comment

Silahkanber Caz Ciz Cuz dengan sopan,, Jangan lupa untuk dijaga ya dalam berkomentarnya Sobat Van?!?
Tenkz,,